Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal PPPK (P3K) Matematika Guru SD + Kunci Jawabannya

Latihan Soal P3K Matematika Guru SD, Contoh Pembahasan Soal PPPK Matematika Guru SD, Kunci Jawaban Soal PPPK Matematika, Link Download Soal PPPK Guru SD, Kisi-Kisi PPPK Matematika Untuk Guru SD, Soal dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik Matematika, Soal Dan Pembahasan Kompetensi Profesional. Berikut pembahasan tentang soal p3k guru sd tahun 2021, bagi kalian yang mencari bahan ajar untuk pendaftaran tes pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja pppk guru sd dan yang mencari link download soal pppk untuk guru sd. simak lebih lengkap dan jelasnya pembahasannya dibawah ini.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, di tahun 2021 ini pemerintah berencana untuk melakukan rekruitmen secara besar-besaran dengan sasaran utamanya yaitu guru honorer. yang mana di butuhkan untuk menempati posisi menjadi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K atau PPPK).

Contoh Soal PPPK (P3K) Matematika Guru SD + Kunci Jawabannya

Contoh Soal Matematika PPPK Guru SD

Dengan adanya rencana tersebut, maka seleksi guru pppk tahun 2021 ini bisa juga di ikuti oleh para calon guru yang telah lulus atau melakukan pendidikan profesi guru (PPG) yang masih belum mengajar. jadi dengan adanya seleksi guru pppk ini akan membuat kemakmuran bagi guru honorer dan juga calon guru yang belum mengajar.

Oleh karena itu, kalian dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi P3K yang akan di selenggarakan di tahun 2021 nanti agar dapat memperoleh hasil yang bagus, terbaik dan yang diinginkan oleh setiap peserta. Kamu dapat mempelajari beberapa soal tes seleksi Guru PPPK sebagai bentuk untuk bahan belajar dan kalian juga dapat mempelajari kisi-kisi seleksi PPPK yang disediakan oleh Kemendikbud dengan mengakses laman resmi nya yaitu gtk.kemendikbud.go.id

Kunci Jawaban & Soal Latihan Matematika Untuk Guru SD

Soal 1 
Ibu Putu merancang pembelajaran matematika SD tentang nilai tempat dengan langkah  langkah sebagai berikut ini. 
(1) Menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet,  sedotan. 
(2) Menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis; 
(3) Meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13; (4) Meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui  apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13; 
(5) Meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan  angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian  melingkari puluhan atau satuan); 
(6) Meminta siswa untuk membilang banyak benda yang diambilnya, untuk mengetahui  apakah benar benda tersebut sebanyak 13; 
(7) Jika banyak benda yang diambil tidak sama dengan 13, maka guru mengulang langkah  (5) dan (6). 
(8) Jika banyak benda yang diambil sama dengan 13, maka guru menanyakan ketika guru  melingkari angka 1 berapa banyak benda yang diambil (jawaban yang diharapkan dari  siswa adalah 10); 
(9) Menyimpulkan bahwa 1 pada 13 bernilai 10 dan dia menempati tempat puluhan. 
Pembelajaran yang dilakukan Ibu Putu di atas adalah pembelajaran dengan pendekatan …. A. rasionalisme 
B. behavioristik 
C. konstruktivisme 
D. naturalistik 
E. dualisme

Soal 2 
Seorang guru SD ingin menerapkan pembelajaran matematika di kelas 1 berdasar pada teori Bruner yaitu langkah pembelajaran matematika enactive, iconic, dan symbolic. Jika kompetensi yang diharapkan adalah siswa mampu menjumlahkan dua bilangan dengan hasil maksimal adalah 20, maka langkah yang tepat adalah 
A. Siswa menuliskan soal penjumlahan misal 2+3, kemudian dengan bantuan guru menggambarkan peristiwa dari soal tersebut, lalu memperagakan dengan benda konkret. 
B. Siswa dikenalkan simbol angka yang akan dijumlahkan dengan menuliskan simbolnya pada papan tulis lalu memperagakan penjumlahan tersebut dengan benda konkret. 
C. Siswa diberi benda konkret untuk memperagakan penjumlahan, siswa mengerjakan penjumlahan melalui gambar, dan siswa menuliskan simbol penjumlahan bilangan tersebut. 
D. Siswa mengerjakan soal penjumlahan melalui gambar, siswa memperagakan dengan benda konkret, dan siswa menuliskan simbol penjumlahan bilangan tersebut. 
E. Siswa menuliskan soal penjumlahan misal 2+3, siswa memperagakan dengan benda konkret, dan menggambarkan hasil peragaan penjumlahan.

Soal 3 
Di antara soal berikut yang merupakan soal untuk mengukur kemampuan berpikir matematik  tingkat tinggi siswa kelas 3 SD adalah ….  
A. 3 + 2 = …. 
 5 + 3 = …. 
 4 + 6 = …. 
 3 + 3 = …. 
B. Arsya sekarang berumur 9 tahun. Berapa umur Arsya 5 tahun yang akan dating?
C. Rasya sekarang berumur 13 tahun. Dia sekarang Kelas VII SMP. Ketika Rasya masuk SMA,  berapa umurnya?  
D. 3 * 2 = 8 
 5 * 3 = 13 
 4 * 6 = 14 
 3 * 3 = …. 
E. Arya adalah anak ketiga dari keluarga Bagus. Ketika Arya berumur 9 tahun lahirlah Kenza,  adiknya. Berapa umur Kenza, ketika umur Arya 19 tahun?

Soal 4 
Dalam operasi bilangan bulat, seorang guru menggunakan kartu hitam putih dengan  ketentuan kartu putih mewakili bilangan bulat positif 1 dan kartu hitam mewakili  bilangan bulat negatif (-1).  
Misalkan melambangkan bilangan 3 
Jika siswa memperagakan : 
 setelah dioperasikan hasilnya  

maka operasi bilangan bulat yang dilakukan dapat disimbolkan sebagai berikut: 
A. –4 – 2 = -6  
B. 7 + (-3) = 4 
C. 7 + (-1) = 6 
D. 4 – (-2) = 6
E. 7 + (-3) + 2= 6


Kalian dapat mempelajari dari sekarang sebagai bentuk maksimal mempersiapkan diri kalian untuk mengikuti tes pegawai guru sd. kalian dapat mengunduh link soal dan kunci jawaban pppk guru sd matematika disini gratis.

Unduh Soal & Kunci Jawaban PPPK Matematika Guru SD >> Klik Disini

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat saya informasikan kepada kalian mengenai soal latihan matematika p3k guru sd. semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPPK (P3K) Matematika Guru SD + Kunci Jawabannya"